Minggu, 18 Desember 2011

Cara Sederhana Mengatasi Jerawat Pada Punggung


Jerawat pada punggung atau badan biasa disebut Bacne, yang biasanya muncul di punggung, lengan atas, dan pantat. Beberapa bentuk dari jerawat badan dan punggung ini dapat berupa kista, bisul, bintil-bintil, dan lain lain, yang biasanya terasa sakit. Jerawat ini terletak jauh dibawah atau di dalam lapisan kulit. Penyebabnya hampir sama dengan jerawat pada wajah yakni produksi minyak berlebih dari kelenjar minyak, sel kulit mati yang menumpuk, dan akan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Saat minyak dan sel kulit mati terjebak di dalam folikel atau pori-pori dan menyebabkan sel terblokir, hal tersebut pada akhirnya yang menyabakan munculnya jerawat, terlebih apabila terdapat serangan bakteri. Jerawat tubuh biasanya menyerang daerah punggung dan bagian atas tubuh. Sama halnya seperti wajah, kedua area tersebut (punggung dan daerah atas tubuh) memiliki lebih banyak kelenjar sebaceous dibandingkan area tubuh yang lain, oleh karena itu folikel pada area tersebut rentan dengan produksi sebum dan sel kulit mati berlebih.

Selain itu keringat juga dapat menyebabkan iritasi pada jerawat tubuh. Untuk meminimalir terjadinya iritasi, sebaiknya segera bershower atau mandi saat usai beraktivitas berat atau berolahraga. Jangan melakukan scrub pada area yang terdapat jerawat meskipun menggunakan body puff, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya gesekan yang justru akan memperparah iritasi apabila dilakukan.

Sama halnya dengan jerawat pada wajah, jerawat pada tubuh seringkali membuat seseorang merasa malu dan menjadi kurang percaya diri dalam berpakaian. Mereka cenderung mengenakan pakaian yang tidak terlalu mengekspore bagian tubuh yang terdapat jerawat. Atasan tanktop dan tanpa lengan sudah pasti akan dilewati. Terutama pada wanita, mereka akan lebih selektif dengan apa yang akan dipakai, untuk menutupi si jerawat.

Jangan khawatir, bagi Anda yang memiliki masalah ini bisa mencoba tips berikut untuk mengatasi jerawat pada punggung :

1. Bersihkan punggung dengan sabun anti-bakteri yang difomulasikan untuk wajah, seperti Cetaphil. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan sabun biasa. Biarkan hingga kering.

2. Lanjutkan dengan mengoleskan gel atau krim benzyl peroxide 10 %. Gel atau krim ini bisa diperoleh secara legal di apotek atau dengan resep dokter.

3. Beberapa ahli kulit menyarankan untuk menggunakan benzyl peroxide bersamaan dengan alpha hydroxy misalnya lotion alpha hydrox untuk hasil yang lebih optimal.

4. Untuk jerawat punggung yang parah, sebaiknya berkonsultasi ke dokter kulit untuk memperoleh perawatan dan resep khusus.

Selain hal-hal yang bersifat medical, bagi Anda yang memiliki jerawat di badan atau punggung, sebaiknya secara rutin mengganti dan mencuci baju, juga mengganti cover bantal, guling dan sprei. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang sehat bagi kulit Anda, dan mempercepat proses penyembuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar